" tarmediadi@gmail.com "

Selasa, 27 Desember 2011

Tips Cara Mengatasi Sifat Pelupa

1


Tidak sedikit orang yang mengalami sifat pelupa, dan masih  banyak orang yang merasa bingung dan bagaimana cara mengatasinya? nah.. di sini ada beberapa tips yang mungkin dapat membantu kalian semuanya.. semoga bermanfaat.
Di bawah ini ada beberapa Tips Cara Mengatasi Sifat Pelupa

1.     Buat Rencana

Namanya juga orang pelupa jadi mesti, kudu wajib, dan wajib anget malah untuk mempunyai daftar untuk menulis semua rencana-rencan kita, termasuk hal-hal yang kecil sekalipun, klo perlu bikin juga check listnya. Misalnya saja,lupa untuk mengunci pintu kamar atau daftar barang belanja yang akan kita beli. Coret setiap hal yang telah kita lakukan. Lama-lama kita juga akan terbiasa bikin perencanaan dan nggak cepat lupa lagi, dan hidup kita akan menjadi lebih terorganisir (mudah-mudahan………………).

2.      Mulai Lebih Rapi

Kacamata ketinggalan di kamar mandi, sikat gigi tertinggal di rumah saudara saat menginap semalam. Nggak pernah dech, kita nggak ninggalin barang sembarangan. Makanya tempatkan dech barang-barang pribadi kita di satu tempat sehingga kita mudah mengecaknya jika nggak asa. Sebaliknya, jangan mencampur semua barang-barang menjadi satu, tampatkan sesuai jenisnya.

3.     Jangan panik

Sering banget nggak sih, saat kita lupa menaruh sesuatu langsung jadi panic dan menjadi kesel? Tahu nggak, sikap panic malah akan membuat kita tambah lupa. Konyol kan? Kalau tahunya yang kita lupa malah ada di tangan atau di depan mata kita ? jadi, tarik napas dalam-dalam dan tenangkan dari dulu. Di saat santai kita bakal lebih mudah mengingat (biasanya sih).

4.     Simpan Barang Pada Tempatnya 

Coba ingat-ingat dech, berapa kali kita lupa meletakkan buku, gunting, pulpen, atau notes? Nah, mulai sekarang biasakan untuk disiplin mengembalikan barang-barang yang habis kita gunakan ketempatnya semula jika sudah selesai kita gunakan. Dan barang-barang milik kita yang dipinjam, mintalah pada siapapun yang meminjam buat mengembalikkannya di tempat semula.

5.     Diulang

Seringlah mengulang-ulang apa yang hendak diingat atau dihafal. Langkah ini membantu memudahkan ingatan dalam memperlihatkan hal-hal yang penting. Misalnya nih, ulangi di dalam hati kalau hari ini kita harus menelpon klien penting. Atau ya……., itu tadi balik ke poin pertama, he he he…….

6.     Minta Tolong Teman
Masih belum bisa juga menghilangkan sifat pelupa Anda? Coba minta tolong teman atau pacar untuk membantu. Katakan padanya untuk mengingatkan Anda jika bermaksud mengerjakan sesuatu hari ini. Jika teman Anda keberatan, gunakan fasilitas reminder di ponsel. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa otak Anda bekerja seperti halnya harddisk, jadi semakin banyak ruang sisa (freespace) akan semakin cepat kerjanya. Anda bisa membantu kerja otak Anda untuk dengan mengurangi memorynya hanya untuk hal-hal penting saja, sedangkan hal-hal yang tidak terlalu penting (nomor telepon, formula perhitungan, jadwal bertemu klien, to-do-list-job) bisa Anda ’serahkan’ kepada organizer yang sekarang bisa berbentuk buku, ponsel, ataupun PDA.

Masih nggak bias menghilangkan kebiasaan pelupa kita…? Minta dech teman untuk membantumu. Katakana pada mereka untuk mengingatkan kita jika bermaksud mengerjakan sesuatu hari ini. Jika teman kita keberatan, gunakan fasilitas reminder di ponsel ajaa…ch.

7.     Jangan Ditunda

semua poin diatas akan membantu untuk mengatasi sifat pelupa kita kalau kita segera melakukannya. Menunda-nunda tuch, malah akan bikin kita menjadi “menabung” lupa vesi baru. Jadi, lakukan apa yang ingin kita lakukan

Semoga tulisan Tips Cara Mengatasi Sifat Pelupa ini bermanfaat

1 komentar:

Wahyu mengatakan...

nurut ane sob kuncinya tuh tetep bikin catatan2 kecil seperti pada poin 1. bermanfaat banget tuh :)
salam kompak !

Poskan Komentar

Silahkan berikan Komentarnya untuk mendapatkan Backlink Gratis...

 
Thanks For Allah SWT | TATAR.COM | Best Partner: Aingindra.com | Yayan Cahyana.web.id | Cijolang Center | Bandung-Garut